Poltek KP Pariaman gelar pertemuan membentuk desa inovasi/desa mitra untuk Nagari Kuranji Hilir

Dalam rangka melaksanakan Masyarakat Kelautan dan Perikanan tahun 2020-2025, serta berdasarkan Peraturan Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP), No. 6/PER-BRSDM/2020, maka Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman (Poltek KP) menggelar pertemuan demi  berinisiasi dan membentuk desa inovasi/desa mitra untuk Nagari Kuranji Hilir, Kec. Sungai Limau, Pariaman, sebagai hilirisasi hasil riset dari dosen dan mahasiswa Poltek KP, di ruang pertemuan Poltek KP, Jumat (5/2).

Pertemuan itu dihadiri oleh pihak Poltek KP Harisjon Khalid, Nazran Nazir, Ainul Mardiah, serta diwakili oleh Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Dinas KP Kabupaten Padang Pariaman Eva Fatimah, Camat Sungai Limau Arlis, Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir M. Sahur didampingi oleh perangkat nagari dan 4 orang Wali Korong, ninik mamak, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Seiring perkembangan perekonomian modern yang eksploraif, sumber daya lingkungan semakin dieksploitasi dan produktifitas masyarakat desa menjadi semakin menurun. Oleh karena itu perlu diterapkan hasil riset yang dapat menumbuhkan daya saing ekonomi di desa maupun nagari.

Setelah melakukan tahap seleksi dan sosialisasi yang dimulai sejak tanggal 24 ferbruari  terhadap 2 buah nagari di Kabupaten Padang Pariaman,  yakni Nagari Lubuak Pandan, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung dan Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, telah ditetapkan bahwa Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau sebagai penerima Program Desa Inovatif/ Desa Mitra untuk tahun 2021 oleh Harisjon Khalid sebagai penanggung jawab tim seleksi.

Desa Inovasi/desa mitra kelautan yaitu desa yang dibentuk secara khusus untuk mengembangkan komoditas utama perikanan yang dimiliki dengan sentuhan inovasi dan teknologi yang lebih maju dan modern.

Dalam sambutannya, Harisjon Khalid berharap adanya Program Desa Inovasi/ Desa Mitra ini bisa menjadi solusi terhadap tekanan ekonomi yang sedang dialami masyarakat selama masa pandemi Covid-19, “Bersama Program  ini hendaknya mampu mengembangkan ide bisnis, kreatifitas dan inovasi masyarakat setempat,” ucap Harisjon.

Di kesempatan yang sama Eva Fatimah pun mengungkapkan bahwa setelah terpilihnya nagari Guguak Kuranji Hilir sebagai penerima program desa Inovasi dikarenakan kehidupan masyarakat di pesisir pantai mayoritas sebagai nelayan, ” Selain sebagai nelayan, disini juga ada banyak tambak udang yang sedang dikembangkan, maka program desa inovasi/desa mitra ini diharapkan dapat menstimulus peningkatan perekonomian masyarakat” ujar Eva.

Setelah acara pertemuan selesai, Harisjon Khalid bersama Nazran Nazir dan Ainul Mardiah mengajak peserta melihat kegiatan yang sedang berjalan di Poltek KP Pariaman, seperti: budi daya ikan lele, usaha makanan yang terbuat dari bahan ikan tuna, dlsb. Seluruh kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa Poltek KP Pariaman.*

Wartawan : Billy
Editor : Benk123
Sumber : https://minangsatu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.