Jenis Pekerjaan yang Pas buat Generasi Z

Dunia korporasi masih mencoba beradaptasi dengan masuknya generasi milenial. Namun, muncul generasi baru dan segar yang disebut Generasi Z.

Generasi Z lahir pada 1997-2012 menjelma menjadi jiwa muda yang meraba-raba dalam menemukan pekerjaan cocok. Bahkan, banyak juga jenis pekerjaan yang tersedia tidak sejalan dengan gaya hidup generasi ini. Melansir dari Lifehack, berikut lima pekerjaan yang sangat cocok dengan Gen Z.

Aplikasi media sosial
Generasi milenial tidak diragukan lagi mahir dengan media sosial dan teknologi. Anggota generasi Z tidak akan mengetahui kehidupan tanpa media sosial. Karena teknologi begitu tertanam dalam gaya hidup gen Z, maka secara alami akan memilih jenis posisi pekerjaan yang terasa seperti kebiasaan. Anehnya, generasi ini dalam beberapa hal lebih mirip dengan Baby Boomers daripada Milenial.

Generasi Z berorientasi pada detail, terampil dalam mengambil arah, namun tetap kreatif dan bersedia untuk berkolaborasi dengan orang lain. Ciri-ciri ini membuat karir media sosial dan aplikasi ponsel yang sedang meledak sempurna untuk generasi Z. Dan kehadiran mereka akan membawa perspektif baru ke industri.

Mengikuti orang tua
Lebih dari 80 persen anggota generasi Z mengatakan orang tua memberikan pengaruh yang sangat kuat pada apa yang harus mereka lakukan setelah lulus. Meski generasi milenial cenderung melepaskan diri dari tradisi, Gen Z lebih memilih untuk menerimanya. Hal ini dapat menyebabkan anggota generasi ini memilih untuk mengikuti jejak orang tua, terutama jika orang tua memiliki karier yang sukses dan bertahan lama. Itu karena generasi Z sangat memperhatikan stabilitas pekerjaan.

Distributor
Gen Z tidak hanya memiliki keterampilan teknologi untuk mengikuti klien. Mereka juga menunjukkan kemahiran yang tinggi dalam komunikasi antarpribadi. Saat bekerja sebagai distributor toko swalayan, gen Z akan dapat menjalin ikatan yang erat dengan pengecer dan pembeli dengan keterampilan komunikasi cerdas. Generasi ini juga mengharapkan gaji yang kompetitif dari majikan. Menjadi distributor perlengkapan kecantikan yang harus mencapai tujuan untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi akan cocok dengan generasi pekerja keras ini.

Pekerjaan nirlaba
Sama seperti Generasi Milenial, Generasi Z ingin bekerja di perusahaan yang sering memberikan kontribusi kepada komunitas, terutama jika itu adalah hal yang mereka pedulikan. Faktanya, 30 persen dari generasi ini mengatakan siap menerima potongan gaji untuk bekerja di perusahaan dengan nilai dan integritas yang dikagumi. Meskipun milenial lebih cenderung meninggalkan perusahaan dan memulai organisasi nirlaba sendiri, generasi Z belum menunjukkan keinginan yang sama untuk berwirausaha. Oleh karena itu, mereka akan lebih cenderung bekerja dalam organisasi nirlaba.

Manajer pemasaran
Hampir 80 persen generasi Z menggambarkan lingkungan kerja ideal sebagai bisnis menengah atau perusahaan internasional besar. Dalam hal memulai pekerjaan, lebih dari separuh gen Z lebih suka berkolaborasi dalam kelompok kecil daripada diskusi besar atau kerja mandiri. Profesional dan manajer pemasaran adalah jenis pekerjaan di perusahaan besar dalam kelompok kecil dan kolaboratif. Bekerja di bidang pemasaran akan memungkinkan generasi Z melenturkan otot kreatif, belajar dari orang-orang di sekitar, dan terus maju dalam organisasi, sehingga memenuhi semua yang dicari generasi ini dalam karier.

Sumber : tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.