Bantuan Benih Jagung Untuk Kelompok Tani

Guranjhil : Realisasi Dana Desa Tahun 2022 untuk Ketahanan Pangan oleh Pemerintah Nagari Guguak Kuranji Hilir disalurkan berupa bantuan benih jagung berikut obatan-obatan kepada seluruh kelompok tani yang ada di lingkungan nagari.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun 2022 disebutkan dalam Pasal 5 ayat (4) huruf b bahwa penggunaan Dana Desa untuk:  Program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen).

Pada Rabu (10/08) sekitar pukul 10.00 WIB, bertempat di Kantor Wali Nagari telah dilakukan penyerahan Bantuan Benih Jagung berikut obat-obatan oleh Pemerintah Nagari yang diwakili oleh Asrizon, S.Pd.I – Kasie Kesejahteraan Rakyat kepada Kelompok Tani – Poktan Sukma Jaya, H. Ali Akbar yang didampingi oleh pengurus lainnya, Burhanuddin, Rangga, Azwirman Sikumbang dan anggotanya.

“Kami (pemerintah nagari-pen) menyiapkan dan menyalurkan benih jagung sebanyak 1 Ton benih jagung merek Pertiwi-6 berikut obat-obatan merek Turmadan kepada 12 poktan yang ada di Nagari Guguak Kuranji Hilir,” tutur Asrizon.

Selanjutnya dijelaskan bahwa “Bantuan ini memang tidak mencukupi untuk seluruh warga, namun kami yakin masing-masing kelompok dapat menyalurkannya kepada anggota yang benar-benar membutuhkannya.”

Selain saprodi – sarana produksi pertanian berupa benih jagung dan obat-obatan, Pemerintah Nagari juga merealisasikan satu paket mesin pemipil jagung sebagai sarana dan prasarana pasca panen.

Adapun 12 poktan yang dimaksud antara lain: 1) Sukma Jaya, 2) Siguruang Sakato, 3) Mekar Mandiri, 4) KWT Taqwa Sejahtera Terampil, 5) Sepakat Jaya, 6) Makmur, 7) Aur Serumpun, 8) Pisang Serumpun, 9) GAPELTA, 10) Binuang Saiyo, 11) Bukit Jariang dan 12) Jaya.

 

Dibuat oleh: Admin-01

Ali Akbar

Penggiat Desa. Lakukan yang Perlu Saja (Prioritas). Kita Gak Perlu Memenangkan Semua Pertempuran. Warga Paingan.