Telah Hadir ODUP di Desa Wisata GURANJHIL

Guranjhil : ODUP atau Organisasi Daur Ulang Produktif adalah Perkumpulan yang mewadahi Pelaku Ekonomi Kreatif Daur Ulang bagaimana cara menumbuhkan, memperbaiki, dan meningkatkan Skill, Iman, Mental, dan Komunikasi pelaku ekonomi kreatif Daur Ulang yang ahli dibidangnya dalam menghadapi perkembangan zaman.

Demikian Ema Latif menjelaskan mengenai ODUP yang sudah berbadan hukum dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM berlaku terhitung sejak tanggal 21 April 2022, sesuai usulan Akta No. 02 Tanggal 14 April 2022 di Notaris Asnetty Syam, SH., M.Kn. Founder ODUP adalah Abdul Latif dan Ermawati yang sering disapa Ema Latif sebagai pasangan suami isteri.

Kriya Guci dari Kartu Remi dan Kartu Koa/ Kartu Ceki

Founder ODUP melakukan kunjungan silaturahim dengan Pokdarwis PAINGAN yang mengelola Desa Wisata GURANJHIL, Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat pada hari Minggu (25/09) mulai pukul 10.30 – 13.00 WIB.

Kriya Guci Terbuat dari Sampah

Hal menarik bagi pasangan ini adalah setelah melihat tayangan di website Nagari Guguak Kuranji Hilir – http://guguakkuranjihilir.org/2022/09/17/kriya-guci-pokdarwis-paingan-mulai-merangkak/ .

Setelah diterbitkannya PP no. 27 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Spesifik pada tanggal 8 Juni 2020, maka sampah menjadi viral dan seksi untuk dibicarakan.

Ema Latif (Founder ODUP) bersama anggota Pokdarwis PAINGAN, Minggu (25/09)

Sebelumnya ada PP Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Dan dinyatakan pada Bab III Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah Pasal 11 ayat (1) Pengurangan sampah meliputi: huruf b. Pendauran ulang sampah.

Untuk itu pula pasangan ini mulai giat melakukan kunjungan ke berbagai daerah untuk melakukan sosialisasi Program ODUP yang mereka kelola. Daerah yang dikunjungi antara lain: Kabupaten Pasaman, Kota Bukittinggi, Kabupaten Padang Pariaman dan lainnya selalin tentunya pelaku UMKM daur ulang yang ada di Kota Padang.

Kehadiran Founder ODUP disambut dengan hangat oleh H. Ali Akbar – Ketua Pokdarwis PAINGAN serta anggota pokdarwis yang sedang intens mengikuti Pelatihan membuat Guci, yakni: Siskia Ramayulis, Aulia Fitri dan Rival Rinaldi.

Sedangkan pak Latif berharap nantinya terjalin kolaborasi antara ODUP dengan Pokdarwis PAINGAN dalam pengolahan sampah daur ulang.

Sebelum kembali pulang ke Padang, pak Latif berkenan menurunkan sebuah ilmu yakni membuat Tas dari pipet/ sedotan air minum gelas mineral. Istilah yang dikenal dalam ODUP adalah 3-R, yakni: Reuse, Reduce dan Recycle.

Dibuat oleh: Admin-01

Ali Akbar

Penggiat Desa. Lakukan yang Perlu Saja (Prioritas). Kita Gak Perlu Memenangkan Semua Pertempuran. Warga Paingan.