Lagi, Pokdarwis Paingan Dapatkan Pelatihan Digitalisasi 2022

Guranjhil : Ardi Suryanto lebih dikenal dengan sapaan Ardie Sensei mengemukakan karakteristik konten itu memiliki ciri-ciri: 1) Carousel, 2) Single post, 3) Stories dan 4) Reels.

Lebih jauh dijelaskan bahwa yang dimaksud Carousel adalah mudah dishare dan disimpan, membangun kepercayaan, menjangkau lebih banyak followers, bisa menjelaskan lebih banyak dan butuh waktu pembuatannya.

Pernyataan di atas terungkap dalam sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga – Disparpora Kabupaten Padang Pariaman yakni Pelatihan Digitalisasi Branding, Pemasaran, Penjualan, Desa Wisata, Homestay, Kuliner, Suvenir dan Fotografi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa – Kamis, tanggal 27 – 29 September 2022, di Hotel Hayam Wuruk Padang kepada 23 Pokdarwis se-Kabupaten Padang Pariaman dengan jumlah peserta 40 orang termasuk Team Kreatif dari pihak Disparpora. Pokdarwis Paingan mengutus saudara Dedi Mulyadi.

Narasumber yang dihadirkan berasal dari :

  1. Brand Activator Sumbar – Dr. Satria Haris dengan Tema “Pembuatan Branding Destinasi dan Produk Ekraf”
  2. Ardi Suryanto sebagai Konten Kreator, membawakan Tema “Pembuatan Konten Media Sosial”
  3. Miftahul Husni Nasution Dari Info Sumbar Team dengan Tema “Pembuatan Design Grafis Canva” dan
  4. Iggoy El Fitra dari Kontributor Antara dengan Tema “Dasar-dasar Fotografi dan Videografi”.

Kagiatan ini berasal dari Dana DAK Non Fisik tahun 2022 Kemenparekraf, dalam peningkatan SDM pariwisata untuk pengelolaan pariwisata lebih baik.

Pada hari kedua, peserta dibawa ke Pantai Air Manis guna mempraktekkan teori yang diperoleh dari Pelatihan Digitalisasi dibawah arahan Iggoy El Fitra.

Terakhir, dalam penutupan acara pada Kamis (29/09), Kepala Disparpora Padang Pariaman – M. Fadhly S., AP.MM  menjelaskan “Saya berharap dengan adanya tim kreatif Pokdarwis ini maka pengembangan daya tarik wisata dan Desa Wisata dalam berpromosi akan semakin baik. Tentunya dalam segala aspek pariwisata – bukan saja daya tarik juga Desa Wisata yaitu homestay, suvenir, seni dan budaya”

Panitia kegiatan adalah Bidang Pengembangan Pariwisata yang dikepalai oleh Wiwiek Herawati, S.ST.MM serta fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Rukmawati, SKM.MM.

Rukmawati menjelaskan bahwa tim kreatif Pokdarwis ini juga sebagai tim konten kreator untuk desa/ nagari masing-masing dan Kabupaten Padang Pariaman umumnya. Mereka juga membuat surat pernyataan bahwasanya mereka semua ikut berpartisipasi dalam promosi pariwisata. Seiring dengan dicanangkannya Visit Beautiful West Sumatera – VBWS Tahun 2023 mendatang oleh Mas Menteri Sandi Uno.

Dibuat oleh: Admin-01

Ali Akbar

Penggiat Desa. Lakukan yang Perlu Saja (Prioritas). Kita Gak Perlu Memenangkan Semua Pertempuran. Warga Paingan.