Pelatihan Ekraf Membuat Tapak Guci oleh Pokdarwis Paingan

Guranjhil : Pada hari Sabtu (01/10) mulai pukul 10.00 WIB, kembali Pokdarwis Paingan melakukan kegiatan Pelatihan Membuat Guci dari kartu koa/ceki.

Kegiatan yang dilaksanakan sekali dalam 2 minggu ini sudah menjadi agenda rutin Pokdarwis Paingan. Mengangkat tema “3-R atau Reuse, Reduce dan Recycle,” Pokdarwis Paingan menjadikannya sebagai program untuk mengolah limbah/ sampah yang ada di dalam kehidupan sehari-hari.

Kertas koa/ceki sangat berlimpah di desa ini, Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Permainan koa menjadi permainan keseharian masyarakat di desa ini, khususnya dan warga Minang pada umumnya. Selesai bermain, kartu koa tersebut dibuang begitu saja dan dibakar oleh pemilik warung.

Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh Pokdarwis Paingan guna menjadikannya ‘sesuatu’ yang bernilai ekonomi dan dapat menambah ‘pundi-pundi’ ibu-ibu rumah tangga di desa.

Pelajaran sebelumnya dapat dilihat melalui laman guguakkuranjihilir.org – https://guguakkuranjihilir.org/2022/09/17/kriya-guci-pokdarwis-paingan-mulai-merangkak/

Dalam kesempatan kali ini mempelajari ‘Cara Membuat Tapak Guci,” dimana fungsi tapak tersebut adalah sebagai landasan/dasar untuk berdiri tegaknya sebuah Guci.

Peserta pelatihan adalah Siskia Ramayulis dan Aulia Fitri.

Dibuat oleh : Adimin-01

Ali Akbar

Penggiat Desa. Lakukan yang Perlu Saja (Prioritas). Kita Gak Perlu Memenangkan Semua Pertempuran. Warga Paingan.