Poltek KP Pariaman Canangkan Nagari Guguak Kuranji Hilir sebagai Desa Perikanan Cerdas

Guranjhil : Pada hari Kamis (20/10) dimulai sejak pukul 10.00 – 12.00 WIB bertempat di Aula Kantor Wali Nagari Guguak Kuranji Hilir (disingkat Guranjhil) diselenggarakan pertemuan secara off-line antara panitia PKM Poltek KP Pariaman dengan warga masyarakat Paingan Nagari Guranjhil, seperti: Wali Nagari berikut aparat nagari, tokoh masyarakat, niniak mamak, bundo kanduang, karang taruna dan khususnya mewakili warga kelompok Nelayan.

Hal ini sehubungan adanya Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat – PKM Politeknik Kelautan dan Perikanan – Poltek KP Pariaman untuk kedua kalinya ada di Nagari Guguak Kuranji Hilir

“Ada 3 buah prodi – program studi yang terlibat dalam kegiatan PKM kali ini, yakni: 1) Perikanan Tangkap (PTK), 2) Permesinan Kapal (PMK) dan 3) Teknik Budidaya Perikanan (TBP). Semua mengarah kepada tujuan untuk meningkatkan perekonomian warga masyarakat di nagari ini,” demikian Zalmi Rozano, SH.,MH., ketua panitia PKM dalam sambutannya.

Sedangkan masing-masing prodi membawa tema, sebagai berikut:

1) Perikanan Tangkap (PTK): Pelatihan Pembuatan Rumpon;

2) Permesinan Kapal (PMK): Pelatihan Penggunaan Alat Keselamatan Diri di Laut;  dan

3) Teknik Budidaya Perikanan (TBP): Pelatihan Teknik Pembesaran Ikan Koi (Cyprinus Carpio) dengan Sistem Sirkulasi pada Kolam Terpal.

Masing-masing prodi melibatkan 10 orang nelayan, sehingga ada 30 orang nelayan yang akan mendapatkan pendampingan dari kegiatan PKM Poltek KP Pariaman dimulai sejak acara ini berlangsung sampai beberapa minggu mendatang.

Sambutan dari Wakil Koordinator Poltek KP Pariaman Harisjon, S.Pi.,M.Si yang diwakili oleh Adnal Yeka, A.Pi.,M.Si juga memberikan arahan pentingnya suatu pembinaan desa atau nagari yang telah ditetapkan sebagai Desa Perikanan Cerdas (Smart Fisheries Village) yang dicanangkan di Nagari Guguak Kuranji Hilir. (Baca berita terkait di laman guguakkuranjihilir.org: http://guguakkuranjihilir.org/2021/03/06/poltek-kp-pariaman-gelar-pertemuan-membentuk-desa-inovasi-desa-mitra-untuk-nagari-kuranji-hilir/).

Penyerahan Baju Pelampung oleh Poltek KP Pariaman (Bapak Tashwir) kepada perwakilan Kelompok Nelayan Paingan (sdr. Irfianto), Kamis (20/10).

Wali Nagari M. Sahur menyampaikan, “Kami mewakili warga Paingan Nagari Guguak Kuranji Hilir merasa senang dan bangga adanya kelanjutan program dari Poltek KP Pariaman ini. Semoga warga masyarakat kami meningkat penghasilannya dengan ditetapkannya sebagai Smart Fisheries Village (baca: Desa Perikanan Cerdas). Sehingga pendampingan yang dilakukan akan menambah pengetahuan masyarakat nelayan dalam mengelola usahanya.”

Dari pihak Poltek KP Pariaman dihadiri oleh masing-masing Ketua Tim Pelaksana PKM sesuai prodi, yakni: 1) Prodi TPI – Ir. Indra Samson, M.Si., 2) Prodi MP – Tashwir. S.St.Pi.,M.Si., dan 3) Prodi TBP – Ir. Nazran M.Si serta beberapa orang mahasiswa-mahasiswi Poltek KP Pariaman.

Terakhir, dilakukan acara serah terima secara simbolis peralatan keselamatan nelayan (baju pelampung) dan ikan Koi yang dijadikan sebagai usaha budi daya oleh warga masyarakat nantinya.

Dibuat oleh: Admin-01

Ali Akbar

Penggiat Desa. Lakukan yang Perlu Saja (Prioritas). Kita Gak Perlu Memenangkan Semua Pertempuran. Warga Paingan.