Pokdarwis Paingan Sungai Limau Fokus Berkegiatan

Guranjhil : Nagari Guranjhil – Guguak Kuranji Hilir terus berbenah setelah masuk dalam 40 Besar Desa BRILian Batch-2 Tahun 2021 dan Desa Terbaik ke-4 Deepening Desa BRILian Provinsi Sumatera Barat dan Riau.

Kali ini Pokdarwis Paingan dikunjungi oleh bapak/ ibu dosen Politeknik Negeri Padang (PNP) pada hari Kamis (27/10) mulai pukul 10.30 – 17.30 WIB. Kehadiran rombongan disambut hangat oleh warga Paingan Nagari Guranjhil.

“Kami berkunjung ke nagari ini baru dalam tahap awal perkenalan dan menggali potensi yang ada, khususnya di bidang kepariwisataan. Data-data yang didapat akan kami buatkan formulasinya untuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tahun 2023 mendatang,” Alfatah Haries yang disapa Al menjelaskan.

Ketua Pokdarwis Paingan sekaligus mengelola Desa Wisata Guranjhil, H. Ali Akbar mengungkapkan rasa senang dan bahagia adanya perhatian dan dukungan pihak Akademisi dari PNP kepada Nagari Guranjhil.

“Kami senang dan bahagia adanya perhatian dan dukungan dari Politeknik Negeri Padang sebagai akademisi. Moga membuat nagari kami makin baik keadaannya, baik dari segi fisik berupa sarana dan prasarana dan tak kalah pentingnya adalah bertambahnya kemampuan SDM warga kami dalam sadar wisata,” ungkap H. Ali Akbar yang disapa Aji berharap.

Dalam kesempatan lain, Rafidola Mareta Riesa disapa Rafi menerangkan kepada anggota Pokdarwis Paingan yang hadir, “Pada tahun lalu (2021) PNP membuka Program Studi (prodi) D4 baru bernama Destinasi Pariwisata. Sebelumnya sudah ada prodi UPW – Usaha Perjalanan Wisata. Kedua prodi ini berada di bawah naungan Jurusan Administrasi Niaga yang dikomandoi Dr. Primadona , SE.M.Si.,” tukas Rafi.

“Kita sama berdo’a moga kami diberi kekuatan untuk dapat merealisasikan yang diharapkan oleh warga masyarakat Paingan,” pungkas Rafi.

Pihak PNP yang hadir, ada 6 orang: Alfatah Haries,S.ST.Par.,M.Par., Rafidola Mareta Riesa,S.ST.Par.,M.Sc., Zengga,S.ST.Par., Maya Permata Sari,SE.MM., Mega Dwi Septivani,SE.M.Sc dan Marjohan.

Pada siang hari dilanjutkan makan siang bersama dengan dihidangkan makanan ‘Lauak Sambam’ oleh anggota Pokdarwis Paingan, Darmawati.

Terakhir, rombongan PNP meninjau Pantai Paingan yang berada di Korong Pasar Paingan dan disambut oleh beberapa orang warga yang bertempat tinggal di pesisir Pantai Paingan. Tak ketinggalan rombongan berfoto dan mengambil video sebagai bahan pertimbangan nantinya.

Ali Akbar

Penggiat Desa. Lakukan yang Perlu Saja (Prioritas). Kita Gak Perlu Memenangkan Semua Pertempuran. Warga Paingan.