UMKM Pokdarwis Paingan Dilirik Pemdakab Padang Pariaman

Guranjhil : UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. UMKM berada dibawah Kementerian Koperasi dan UKM RI. Sedangkan di Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat, bernama Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi dan UKM atau disingkat Disdagnakerkop dan UKM.

Dalam rangka sosialisasi terhadap pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, pada hari Rabu (26/10) mulai pukul 14.30 – 16.30 WIB., Kabid UKM Disdagnakerkop dan UKM Padang Pariaman – Ade Mahriyal S.IP dan stafnya Rio Ikhsandi S.Kom kunjungi pelaku UMKM di Paingan Nagari Guguak Kuranji Hilir (Guranjhil) Kecamatan Sungai Limau.

Pelaku UMKM tersebut diantaranya: 1) Amplang Ikan Tenggiri Cika (Darmawati), 2) Kriya Guci dari bahan daur ulang kartu koa/ kartu remi (H. Ali Akbar dan Siskia Ramayulis), 3) Fashion (Elmawati) dan Founder Kebun IDe Organik dengan minuman bunga Telangnya (Indra Dewi – IDe).

Ade menjelaskan kriteria UMKM terbaru berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 2021, “Usaha Mikro memiliki modal usaha sampai Rp.1 Milyar, Usaha Kecil memiliki modal usaha antara Rp 1 – 5 Milyar dan Usaha Menengah memiliki modal usaha antara Rp 5 – 10 Milyar.”

Pihak Disdagnakerkop dan UKM memiliki 2 peran strategis yakni: pemberdayaan dan pengembangan usaha.

“Di bidang pemberdayaan, melakukan penguatan kapasitas SDM pelaku UMKM melalui pelatihan-pelatihan bidang terkait, seperti: kelembagaan, produksi, pemasaran, keuangan serta inovasi dan teknologi,” tukas Ade.

Kemudian Ade melanjutkan bahwa dalam pengembangan usaha yakni memberikan bantuan sarana dan prasaran kepada pelaku UMKM melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Pokok Pikiran (Pokir) anggota Legislatif (DPRD).

Dalam temu ramah tersebut, Ade dan Rio disuguhi snack (makanan ringan) Amplang Ikan Tenggiri oleh Darmawati yang juga sebagai Ketua Kelompok Wanita Nelayan.

“Kami sangat mengharapkan adanya dukungan bantuan dari pihak dinas berupa pelatihan dan juga sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam usaha kami,” ungkap Darmawati memohon.

Terakhir, Ade berpesan agar para pelaku UMKM di Paingan Nagari Guguak Kuranji Hilir terus bergerak dan berkarya. Jangan selalu mengandalkan bantuan. Ciptakan inovasi dan kreasi di bidang masing-masing. Akses pembiayaan melalui perbankan sudah sangat mudah saat ini.

Sumber: TV Desa News – https://tvdesanews.id/umkm-pokdarwis-paingan-dilirik-pemdakab-padang-pariaman/

Ali Akbar

Penggiat Desa. Lakukan yang Perlu Saja (Prioritas). Kita Gak Perlu Memenangkan Semua Pertempuran. Warga Paingan.